search for more

exchanger lokal cepat dan aman, dijamin!!

Memulai Bisnis Kecil

Memulai bisnis? Ya, banyak ide bisnis yang bisa anda coba. Ngeblog (blogging) misalnya dapat dianggap sebagai bisnis kecil (dengan pendapatan besar). Dengan internet, seseorang dapat mencoba peruntungannya seperti yang terjadi pada eBay, MySpace, dan tentu saja Amazon. Ah, itu terlalu jauh! Anda mungkin bisa membuka restoran sederhana dengan milkshake special sebagai killer menu-nya. Atau mungkin bisa membuka jasa perbaikan gitar di garasi.

Nah, anda mau mencoba jadi bos untuk diri sendiri? Berikut ini beberapa langkah yang harus dipersiapkan untuk mengawali bisnis «kecil» anda.

1. Do your homework

Anda tidak usah terburu-buru, takut ada yang mencuri ide anda. Langkah tergesa-gesa akan membuat anda beresiko tinggi untuk «terpeleset». Coba tanya-tanya dan amati dulu. Bergabung dalam milis atau forum yang sesuai di mana ada banyak «ahli» yang akan memberi saran gratis. Buat draf business plan untuk memberi gambaran jelas tentang produk/jasa apa yang hendak ditawarkan.

2. Surat-surat

Anda harus mempersiapkan berbagai surat-surat yang diperlukan. Antara lain mendapat izin tetangga dan yang terpenting izin usaha dari pemerintah setempat. Anda juga harus sudah menentukan nama untuk bisnis baru anda.

3. Persiapkan keuangan anda

Modal terbaik adalah dengan menggunakan uang yang anda miliki, bukan uang yang akan anda miliki. Bunga pinjaman bisa mencekik selama bisnis belum menghasilkan. Namun untuk yang tidak mempunyai dana sendiri, maka pilihan kredit bisa dipertimbangkan dengan hati-hati.

Biasanya bank dan lembaga pemerintahan dapat memberi pinjaman dengan persyaratan yang masuk akal. Hindari mencari pinjaman dari rentenir dan sebaiknya jangan gunakan kartu kredit untuk membiayai pengeluaran usaha. Jaga agar bisnis anda yang masih bayi ini tetap sederhana mulai dari tahap awal sehingga tidak memakan biaya-biaya startup yang tidak perlu.

4. Pilih tempat

Lokasi usaha tentu saja berpengaruh, namun tergantung juga pada jenis dan rencana usahanya. Kalau bisa dimulai dari garasi atau small home offices, maka anda tidak usah memikirkan biaya sewa tempat. Bisnis seperti cafe, restoran, dan sejenisnya perlu memiliki lokasi dengan lalu lintas orang yang cukup tinggi. Pertimbangkan juga kenyamanan pengunjung seperti ruang parkir dan keamanan.



By Dhan, 4 months ago

http://www.fundkitchen.com/2008/01/memulai-bisnis-kecil/

Tidak ada komentar: